Selamat datang di Digitalife community forum. Jika kamu belum menjadi member, silahkan Register untuk dapat melihat seluruh isi forum


 
Thread Rating:
  • 0 Votes - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5

5 Kebiasaan Baik Saat Muda untuk Masa Tua Lebih Sehat
Offline netizenv
Junior Member

**
Posts: 7
Joined: Jun 2016
Reputation: 0
Post: #1
5 Kebiasaan Baik Saat Muda untuk Masa Tua Lebih Sehat

Kesehatan di masa muda memang kerap membuat banyak orang lupa bahwa setiap orang akan tua pada akhirnya. Seiring dengan bertambahnya usia, manusia umumnya memiliki metabolisme yang semakin melambat sehingga membuatnya lebih cepat lelah dan bahkan lebih cepat untuk gemuk. Kebiasaan baik di usia muda, bisa mempengaruhi masa tua Anda nantinya. Khususnya lifestyle wanita yang memiliki segudang aktivitas rutin sehari-hari. Tentu wajib untuk menjaga kesehatan di usia muda sehingga saat usia tua bisa merasakan manfaatnya.

Namun kesehatan bukan didapatkan dengan kebiasaan yang sembarangan, melainkan harus menjaganya sejak saat ini. Berikut ini 7 kebiasaan baik yang harus dilakukan sejak muda sehingga mendapatkan kesehatan di usia tua nantinya:

1. Hindari melewatkan sarapan
Apakah Anda tipe orang yang kerap melewatkan sarapan karena terburu-buru dalam bekerja? Jika iya, maka ubahlah dari sekarang. Nutrisi di pagi hari sangat penting untuk bisa membantu aktivitas sampai siang hai. Selain bisa menjaga fokus Anda dalam beraktivitas, sarapan juga mengurangi resiko obesitas di usia tua. Usahakan untuk memilih sarapan yang kaya akan nutrisi seperti sayur, buah atau gandum utuh.

2. Air putih yang cukup
Sekitar 60 persen dari tubuh adalah cairan. Itulah mengapa air putih merupakan komponen penting dalam tubuh yang berfungsi untuk menjaga metabolisme. Cukupi kebutuhan air paling tidak 2 liter atau 8 gelas sehari untuk mendapatkan tubuh yang sehat. Air yang masuk tersebut, nantinya bisa dikeluarkan dalam bentuk urin bersama racun-racun yang masuk ke tubuh. Jadi, jangan malas untuk minum air putih.

3. Kualitas tidur yang baik
Waktu tidur bagi orang dewasa adalah sekitar 6 sampai 8 jam dalam sehari. Kurangnya waktu tidur bisa membuat metabolisme melambat yang meningkatkan resiko obesitas, apalagi di usia tua. Tidur yang berkualitas juga dapat membantu untuk menjaga suasana hati menjadi lebih stabil yang memungkinkan Anda untuk dapat menjalani hari dengan semakin baik.

4. Camilan sehat
Jika Anda adalah salah seorang yang menyukai camilan seperti keripik, gorengan, cookies dan makanan berkalori lainnya, maka lebih baik untuk menghentikan mulai saat ini. Camilan tak sehat tersebut bisa meningkatkan resiko dari ragam penyakit yang bisa Anda rasakan di usia tua nanti. Gantilah camilan Anda dengan menu yang lebih sehat seperti buah, sayur dan kacang-kacangan yang kaya serat.

5. Olahraga
Fakta menunjukkan bahwa manusia di era modern semakin malas untuk bergerak. Seiring dengan perkembangan teknologi yang memudahkan manusia, maka manusia lebih suka untuk duduk diam diri dengan komputer atau gadget. Ubahlah sejak sekarang dan mulailah untuk bergerak. Rutin jalan pagi atau lari pagi serta olahraga lainnya setidaknya 3 kali seminggu bisa menurunkan resiko penyakit di usia tua nantinya.

6. Keluarga
Tentunya keluarga menjadi penyemangat yang selalu bisa men-support apa pun yang menurut Anda terbaik. Begitu pula halnya dengan memberikan masukan maupun saran terhadap kesehatan Anda. Tentu tips keluarga ini menjadi salah satu hal penting yang perlu Anda pertimbangkan.
02-22-2017 06:57 PM
Like Post Quote this message in a reply



Forum Jump:


User(s) browsing this thread: 1 Guest(s)